Ada banyak cara berbeda untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang sehat dan bahagia dalam kaitannya dengan budaya perusahaan.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa setiap orang memahami tujuan perusahaan Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya. Selanjutnya, tentukan kesuksesan untuk diri Anda dan karyawan Anda. Buat tolok ukur khusus yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengukur kinerja. Terakhir, tetapkan harapan yang jelas sehingga semua orang tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka.

Itu jelas gambaran sederhana. Ada banyak lagi untuk membuat karyawan Anda merasa bahagia dalam peran mereka. Jadi, mari kita lihat beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan. Berikut lima tips sederhana untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang sehat dan bahagia bagi karyawan.

Tips Menumbuhkan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bahagia bagi Karyawan

Foto, Christina @ wocintechchat.com

1. Memiliki cukup pertemuan satu lawan satu

Cara terbaik untuk mengenal karyawan Anda adalah dengan mengadakan pertemuan tatap muka secara teratur. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan dan tujuan mereka. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki tentang perusahaan atau tugas pekerjaan mereka. Namun, pertemuan ini produktif dengan menetapkan beberapa aturan dasar.

Misalnya, setujui batas waktu untuk setiap sesi dan cobalah untuk tidak membahas apa pun yang dibahas dalam email. Apakah ada masalah yang perlu ditangani? Pastikan Anda mengatasinya sesegera mungkin. Dengan cara ini mereka tidak menjadi masalah yang lebih signifikan di kemudian hari.

Selain itu, cobalah untuk menghindari memberikan umpan balik negatif dalam pertemuan ini. Itu selalu lebih baik untuk memberikan kritik yang membangun secara pribadi sehingga karyawan dapat meningkatkan kinerjanya.

Tips Menumbuhkan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bahagia bagi Karyawan

Foto, Mimi Thian.

2. Tawarkan kebebasan kepada karyawan di sekitar kantor

Memberi karyawan tingkat kebebasan tertentu dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dalam lingkungan kerja yang bahagia. Ini bisa berarti membiarkan mereka berpakaian sesuka mereka. Beristirahatlah kapan pun mereka butuhkan. Atau sesekali bekerja dari rumah.

Tentu saja, Anda tidak ingin pergi terlalu jauh dan berakhir dengan kantor yang sama sekali tidak terstruktur, tetapi sedikit fleksibilitas bisa sangat membantu. Pada saat yang sama, penting untuk menetapkan beberapa aturan dasar tentang bagaimana karyawan harus berperilaku saat bekerja. Misalnya, Anda mungkin ingin melarang panggilan telepon dan SMS pribadi selama jam kerja.

Anda mungkin juga ingin membuat pedoman khusus tentang bagaimana orang harus berinteraksi satu sama lain (misalnya, tidak berteriak atau memanggil nama).

Tips Menumbuhkan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bahagia bagi Karyawan

Foto, Jelmer Assink.

3. Membangun gym untuk meningkatkan kesehatan karyawan

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda adalah menawarkan akses ke gym kepada karyawan. Ini tidak hanya memberi mereka kesempatan untuk beberapa latihan yang sangat dibutuhkan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental mereka. Anda bahkan bisa berkreasi tentang bagaimana fasilitas ini digunakan jika Anda mau.

Misalnya, Anda dapat mengubah bagian dari satu ruangan menjadi ruang yang tenang yang dapat digunakan orang kapan pun mereka membutuhkan waktu sendiri atau jauh dari orang lain (misalnya saat makan siang), jadi hubungi perusahaan yang berpengalaman untuk menawarkan desain gym yang luar biasa. Anda juga dapat memilih untuk mengadakan acara seperti kelas yoga sesekali sehingga semua orang dapat berkumpul dengan sehat sebelum kembali bekerja.

Tips Menumbuhkan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Bahagia bagi Karyawan

Foto, Priscilla Du Preez.

4. Tunjukkan empati terhadap individu

Salah satu cara terbaik untuk membantu karyawan Anda merasa dihargai adalah dengan menunjukkan empati terhadap mereka. Jika seseorang datang ke kantor Anda dengan suatu masalah, cobalah untuk tidak mengabaikannya atau langsung membicarakannya. Alih-alih, luangkan waktu sebentar dan ajukan pertanyaan sehingga Anda dapat lebih memahami apa yang mereka coba katakan.

Tidak selalu harus tentang pekerjaan juga. Anda juga dapat menawarkan dukungan jika terjadi sesuatu di luar pekerjaan (misalnya anak mereka sakit). Semakin Anda berempati terhadap masalah orang lain, semakin mudah bagi orang lain di sekitar Anda untuk terbuka juga; yang sering mengarah ke tingkat kepercayaan yang lebih besar di kedua arah.

Mendorong komunikasi tanpa kritik

Foto, Pembuat Kampanye.

5. Dorong komunikasi tanpa kritik

Salah satu cara terbaik untuk membangun lingkungan kerja yang sehat dan bahagia adalah dengan mendorong karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain. Anda dapat melakukan ini dengan menjelaskan bahwa tidak semua kritik harus negatif. Tetapi juga dengan menunjukkan ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik, mereka tahu itu dihargai.

Misalnya, jika seorang karyawan bekerja di atas dan di luar pekerjaan mereka untuk proyek tertentu, Anda dapat mengirimi mereka email terima kasih atau bahkan mengajak mereka makan siang. Ini akan membantu mereka merasa dihargai dalam organisasi Anda sekaligus memberi tahu orang lain di sekitar mereka bahwa pekerjaan luar biasa harus diakui bila memungkinkan. Ini mendorong lebih banyak orang untuk bekerja lebih keras di masa depan.

Menumbuhkan lingkungan perusahaan yang sehat dan bahagia bagi karyawan bisa jadi rumit. Tapi itu pasti sepadan dengan usaha. Dengan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda dapat membantu menciptakan suasana di mana orang merasa nyaman bekerja bersama dan lebih produktif. Terima kasih sudah membaca.

Anda Sedang Mencari Informasi : Pintu Geser Aluminium, Kusen Aluminium Terdekat,  Harga Pintu Geser Kaca Aluminium, Bahan Jendela Aluminium Sliding, Harga Kusen Jendela Aluminium Minimalis, Rang Nyamuk Aluminium, Pintu Luar Aluminium, Harga Pintu Aluminium Per Meter Persegi

Kunjungi Juga Untuk Informasi : Pvc Dak Plafon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *