Tips Ahli untuk Memperbaiki Masalah Umum Boiler: Ketel yang padam di tengah musim dingin atau saat cuaca dingin di luar musim bisa menjadi salah satu hal yang paling menjengkelkan. Ini berarti rumah Anda dibiarkan tanpa pemanas atau air panas pada saat Anda paling membutuhkannya. Namun, masalahnya dengan boiler adalah bahwa mereka tidak mungkin berhenti bekerja tanpa memberikan peringatan.

Tanda-tanda peringatan di bawah ini biasanya berarti bahwa Anda memiliki satu atau kombinasi dari masalah boiler umum berikut.

Masalah Ketel Umum

Pipa Kondensat Beku

Boiler yang lebih baru memiliki sesuatu yang disebut pipa kondensat. Pipa ini menghilangkan gas buang dari sistem. Namun, karena posisi pipa, itu berisiko membeku. Ketel Anda membuat banyak suara akan menjadi salah satu tanda pertama bahwa ini telah terjadi. Lain adalah bahwa Anda tidak akan memiliki panas di rumah Anda. Beberapa model berhenti bekerja ketika pipa kondensor membeku untuk menjaga boiler dan rumah tetap aman.

Kabar baiknya adalah bahwa ini adalah perbaikan yang relatif sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri atau hubungi teknisi jika Anda memilih untuk tidak memperbaikinya sendiri. Oleskan air panas ke pipa untuk membantu mencairkannya, atau bungkus handuk yang direndam dalam air panas di sekitarnya. Pipa kondensat akan kembali normal dalam waktu 30-45 menit.

Kiat Ahli untuk Memperbaiki Masalah Umum Boiler

Foto, Pengadaan Hessam.

Tekanan Boiler Rendah Atau Tinggi

Ketel Anda bekerja karena keseimbangan antara udara dan air yang terkandung di dalamnya. Ini menciptakan tekanan yang memindahkan air panas ke mana pun dibutuhkan saat dibutuhkan di rumah. Jika tekanan terlalu rendah, air tidak akan panas. Yang berarti air tidak akan sampai ke tempat yang dibutuhkan dengan kekuatan yang seharusnya.

Tekanan rendah biasanya disebabkan oleh penurunan level air di dalam boiler Anda. Ini terjadi secara alami dengan boiler Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir kecuali pengukur tekanan boiler Anda secara teratur membaca rendah atau boiler Anda di atas usia tertentu. Sebuah pipa di bagian belakang ketel Anda yang disebut lingkaran pengisian memungkinkan Anda untuk memperbaiki ketinggian air di dalamnya.

Putar saat tekanan rendah dan matikan kembali setelah tekanan normal. Jika Anda membiarkan pipa ini menyala, Anda dapat menyebabkan masalah sebaliknya: tekanan yang terlalu tinggi. Kebocoran yang kita bicarakan sebelumnya bisa menjadi salah satu tanda bahwa tekanan di boiler Anda terlalu tinggi. Ini karena kekuatan air memaksa dan mengendurkan katup dan menciptakan retakan pada pipa.

Biasanya tekanan tinggi dihilangkan oleh sistem keamanan boiler Anda. Ketel Anda akan mati atau memberi Anda pesan kesalahan. Anda dapat memperbaikinya dengan mematikan boiler dan menunggu tekanan menjadi normal, atau memeriksa apakah loop pengisian tertutup.

Tekanan tinggi menjadi masalah parah jika langkah-langkah keamanan boiler Anda tidak bekerja dengan benar. Tekanan dapat meningkat, tanpa sepengetahuan Anda, yang menyebabkan kebakaran atau bahkan ledakan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksa ketel Anda setidaknya setahun sekali dan meminta seseorang dari perusahaan datang jika Anda melihat tanda-tanda peringatan seperti kebocoran. Mereka mungkin dapat memperbaiki masalah. Atau, mereka mungkin menyarankan Anda membeli boiler baru.

Tidak Ada Air Panas/Panas Di Seluruh Rumah

Ini mungkin hal terburuk yang bisa terjadi dengan boiler Anda. Hidup apa adanya, biasanya akan terjadi di tengah musim dingin.

Ini adalah salah satu masalah yang lebih kompleks dengan boiler Anda dan bisa menjadi akibat dari satu atau beberapa bagian yang rusak secara bersamaan. Bagian-bagian yang dimaksud adalah katup bermotor, diafragma sistem, dan kunci udara, yang bisa rusak atau rusak. Tidak ada panas atau air panas juga bisa disebabkan oleh tekanan rendah.

Dari daftar di atas, hanya masalah tekanan rendah yang dapat ditangani oleh Anda, pemilik rumah. Yang lain harus diserahkan kepada teknisi terlatih.

Kiat Ahli untuk Memperbaiki Masalah Umum Boiler

Foto, Erik Mcclean.

Boiler Tidak Menanggapi Termostat

Termostat mengatur suhu di rumah Anda. Saat Anda menyetel termostat ke suhu tertentu, ketel Anda merespons dengan menciptakan panas yang cukup untuk menyesuaikan suhu tersebut. Ketika sudah tercapai, termostat mematikan boiler. Jika udara di ruangan turun di bawah suhu yang Anda inginkan, termostat menunjukkannya ke boiler, yang menyala dan membuat ruangan memanas lagi.

Pada dasarnya, termostat dan boiler Anda berada dalam suatu hubungan, dan ketika segala sesuatunya berhenti bekerja dengan baik, mungkin ada beberapa penyebabnya. Pertama-tama, periksa untuk melihat apakah baterai termostat Anda perlu diganti. Ini adalah perbaikan paling sederhana.

Masalah lain mungkin karena termostat Anda tidak ditempatkan dengan benar dan mungkin di dekat sesuatu yang terlalu panas atau terlalu dingin, menyebabkannya tidak berfungsi dan memberikan instruksi yang salah ke boiler. Termostat Anda mungkin juga sudah ketinggalan zaman dibandingkan dengan ketel Anda. Masalah kompatibilitas dapat menyebabkan boiler Anda hidup dan mati pada waktu yang tidak tepat. Perbaikan di sini adalah memasang termostat yang lebih mutakhir.

Anda dapat membuat masalah ketidakcocokan antara termostat dan boiler jika Anda salah menetapkan ambang suhu. Jika Anda menyetelnya terlalu rendah, ketel Anda tidak akan menyala, membuat ruangan menjadi dingin. Cara mengatasinya di sini adalah mengatur termostat sedikit lebih tinggi dan melihat apakah ini tidak akan menghidupkan boiler.

Jika Anda sudah sepenuhnya modern dan memiliki termostat nirkabel yang diatur, salah satu penyebab masalah adalah mungkin tidak berkomunikasi dengan baik dengan boiler Anda. Ini bisa jadi karena kurangnya kekuatan sinyal nirkabel.

Namun, program yang mengontrol interaksi bisa jadi merupakan kesalahan teknologi ini, atau router nirkabel mungkin tidak berfungsi dengan benar. Anda dapat mengatur ulang ke pengaturan pabrik untuk melihat apakah ini membantu dengan masalah perangkat lunak yang Anda miliki dengan termostat nirkabel. Jika perangkat lunak bukan masalahnya, masalahnya mungkin terletak pada router nirkabel, yang bisa jadi buruk. Situasi harus diselesaikan setelah ini diganti.

Anda sekarang siap untuk musim dingin. Idealnya, ketel Anda, jika dirawat dengan baik, akan melayani Anda sepanjang musim dingin. Namun, jika Anda mendengar suara aneh atau Anda tidak mendapatkan cukup panas, Anda sekarang mengetahui beberapa penyebabnya dan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Kebocoran Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Ini sangat beracun dan dapat membunuh dalam konsentrasi yang tepat. Ketel dapat membocorkan racun ini ke seluruh rumah Anda. Karena tidak berbau dan tidak berwarna, inilah mengapa sangat penting untuk mencari tanda-tanda peringatan yang disebutkan di atas: bau aneh, jelaga di atau di sekitar ketel, dan api kuning bukannya api biru.

Kabar baiknya adalah bahwa yang satu ini relatif tidak umum dari semua masalah yang mungkin Anda alami dengan boiler Anda. Karbon monoksida adalah produk sampingan reguler dari cara kerja boiler Anda, dan biasanya, ia keluar ke luar rumah Anda melalui sesuatu yang disebut pipa buang.

Pipa ini dapat tersumbat, dan karena karbon monoksida tidak dapat pergi ke mana-mana, ia berakhir di rumah Anda, di mana ia dapat menjadi berbahaya. Gejala keracunan karbon monoksida termasuk merasa mual, muntah, pusing, kesulitan bernapas, dan sakit perut. Anda mungkin mengalami gejala setelah dua jam terpapar.

Jika Anda mengalami hal ini, buka semua jendela di rumah Anda, matikan boiler dan minta tukang perbaikan datang untuk memeriksanya.

Kiat Ahli untuk Memperbaiki Masalah Umum Boiler

Foto, CHUTTERSNAP.

Memahami Kebisingan Boiler

Ketel dapat membuat serangkaian suara yang mengejutkan, masing-masing berarti sesuatu yang berbeda sedang terjadi dengannya. Pahami bahwa boiler dapat mengeluarkan suara saat menjalankan fungsi regulernya. Namun, mendengar suara-suara berikut dapat menjadi penyebab kekhawatiran:

— Memukul
— Bergemuruh
— Mendesis
— Bersiul

membenturkan

Bunyi dentuman di ketel bisa jadi merupakan hasil dari sesuatu yang disebut ceret. Ketel Anda seharusnya memanaskan air dan mentransfer air panas ini ke berbagai bagian rumah Anda untuk panas atau air panas. Seiring waktu, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah, pipa-pipa ini mengalami penumpukan kapur.

Hal ini menyebabkan air tetap berada di dalam pipa lebih lama dari yang seharusnya, di mana air mendidih dan berubah menjadi uap. Karena air pada dasarnya telah berubah menjadi udara, itu menyebabkan suara letupan dan benturan ketika bergerak melalui pipa.

Ini adalah masalah yang relatif sederhana untuk dipecahkan. Anda dapat menyiram sistem Anda dari udara. Anda juga dapat membersihkan kerak kapur dan memasang pengolahan air untuk memastikan tidak ada lagi air sadah yang masuk ke sistem Anda.

Ketika air menguap di pipa boiler Anda seperti ini, itu memaksanya bekerja lebih keras untuk memanaskan ruang dan jumlah air yang sama. Inilah sebabnya mengapa tagihan Anda naik. Salah satu tanda peringatan utama lainnya bahwa boiler Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

gemericik

Sementara itu, suara gemericik berarti udara telah terperangkap di dalam pipa-pipa boiler bersama dengan air. Ini adalah suara yang juga akan terjadi jika pipa kondensat membeku. Kami sudah membahas perbaikan untuk itu. Jika masalahnya bukan pada pipa kondensat tetapi udara di dalam pipa, itu bisa diselesaikan dengan apa yang disebut ‘bleeding’ sistem udara.

Ketel Anda tidak perlu sering dibilas. Jika ya, Anda harus meminta seorang profesional datang dan memeriksanya.

Desis

Jika boiler Anda mendesis, maka itu adalah tanda bahwa itu terlalu panas. Kebisingan ini dapat disebabkan oleh penumpukan kapur atau akumulasi kotoran dan karat di bagian bawah tangki boiler Anda. Ini juga dapat disebabkan oleh tekanan air yang terlalu tinggi di dalam boiler. Perbaikan di sini adalah untuk menghilangkan penumpukan kapur dan akumulasi kotoran. Mematikan boiler hingga tekanan kembali normal juga bisa menjadi solusi.

Siulan

Terakhir, jika Anda mendengar suara siulan, ini juga bisa disebabkan oleh ketel. Jika ketel bukan masalahnya, itu mungkin pertanda ada yang tidak beres dengan pompa boiler Anda, dan Anda harus meminta seseorang untuk memeriksanya.

Kiat Ahli untuk Memperbaiki Masalah Umum Boiler

Foto, Julian Hochgesang.

Tanda Peringatan Bahwa Ketel Anda Mungkin Berhenti Bekerja

Ada beberapa tanda yang akan diberikan boiler Anda sebelum padam. Perhatikan jika Anda melihat salah satu dari ini:

bocor

Ketel Anda dapat membocorkan cairan lain selain air. Itu bisa membocorkan bahan bakar minyak. Itu juga bisa membocorkan cairan hidronik. Kebocoran ini buruk karena menandakan bahwa segel pada pipa yang mengalirkan cairan ini rusak. Cairan yang bocor mungkin sudah merusak bagian boiler Anda atau bahkan sistem kelistrikannya tanpa sepengetahuan Anda.

Suara Aneh

Suara bising di ketel Anda dapat menunjukkan beberapa hal. Beberapa suara ini bisa sangat keras dan mengkhawatirkan. Biasanya, ini berarti Anda memiliki penumpukan kapur, terutama boiler yang lebih tua, atau udara yang terperangkap di sistem Anda.

Boiler Membutuhkan Waktu Lebih Lama Untuk Memanaskan / Air Tidak Sepanas

Mungkin ada sejumlah penyebab untuk ini, termasuk katup yang rusak, tekanan rendah, atau termostat yang tidak berfungsi dengan benar.

Ketel Anda Memancarkan Aroma Aneh

Ini bisa menjadi indikasi masalah yang berpotensi mengancam jiwa. Bau itu bisa berarti boiler Anda mengeluarkan karbon monoksida.

Api Membakar Kuning Bukan Biru

Nyala api kuning di bawah ketel Anda alih-alih api biru mungkin menandakan masalah yang sama seperti yang di atas. Pada titik ini, ketel Anda dapat melepaskan karbon monoksida yang berbahaya ke udara. Ketel Anda tidak dimaksudkan untuk berfungsi seperti ini, dan fakta bahwa itu berarti ada sesuatu yang salah.

Tagihan Listrik dan Pemanasan Lebih Tinggi

Ini berarti boiler Anda tidak bekerja seefisien mungkin, dan ini bisa menunjukkan masalah dengan beberapa bagian berbeda dari boiler yang perlu diperhatikan. Jika boiler Anda berusia antara 15-20 tahun dan memiliki masalah ini, mungkin ini saatnya untuk berinvestasi pada yang baru.

Jelaga Hitam Di Atau Di Sekitar Boiler

Ini adalah tanda lain bahwa ketel Anda dapat menghasilkan karbon monoksida beracun dan melepaskannya ke rumah Anda. Selain itu, ini bisa berarti bahwa mekanisme pembakaran di boiler Anda juga bisa rusak.

Anda Sedang Mencari Informasi : Harga Kusen Aluminium 2020, Harga Pintu Kaca Geser Per Meter,  Pintu Kamar Mandi Aluminium Minimalis, Harga 1 Set Jendela Aluminium, Daftar Harga Kusen Aluminium 2020, Harga Pemasangan Kusen Aluminium Per Meter, Harga Kusen Kayu Vs Aluminium, Harga Aluminium Powder Coating

Kunjungi Juga Untuk Informasi : Fiber Plafon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *