Apa arti loyalitas merek bagi Anda? Ketika Anda memasuki toko dan melihat lusinan merek, apakah Anda pernah tertarik pada nama-nama tertentu daripada yang lain? Kita hidup di dunia yang didominasi oleh kampanye promosi dan pemasaran. Sangat mudah untuk jatuh cinta pada merek tertentu karena cara mereka dipersepsikan.

Misalnya, banyak orang menyukai produk Apple karena dianggap sebagai perusahaan teknologi paling populer dan semua orang menggunakan produk mereka. Pertimbangkan berapa banyak orang yang menggunakan iPhone, iPad, dan komputer Macbook. Masuk akal untuk mengikuti jejak mereka dan juga mendapatkannya. Tapi itu tidak benar-benar loyalitas merek.

Kebanyakan orang hanya membeli produk dari merek tertentu karena orang lain melakukannya. Mereka tidak benar-benar memiliki loyalitas terhadap merek tersebut dan keputusan pembelian mereka sangat dipengaruhi oleh teman, anggota keluarga, dan pemberi pengaruh.

Jadi apa sebenarnya loyalitas merek yang sebenarnya? Apa yang diperlukan seseorang untuk sepenuhnya mendukung merek tertentu? Untuk menjadi advokat itu? Apakah ini semua tentang kualitas produk itu sendiri? Atau, apakah ada hubungan yang lebih dalam antara merek dan pelanggan yang membantu meningkatkan hubungan ke tingkat yang baru?

Mari kita lihat apa yang diperlukan untuk benar-benar membangun loyalitas merek dan membedakan diri Anda dari pesaing.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Benar-Benar Membangun Loyalitas Merek?

Foto, Brooke Cagle.

Jangan pernah mengalihdayakan dukungan pelanggan

Mungkin salah satu hal yang paling mengecewakan atau bahkan membuat frustrasi tentang mendapatkan dukungan pelanggan dengan beberapa perusahaan adalah menyadari bahwa Anda bahkan tidak berbicara dengan seseorang yang mewakili perusahaan itu sendiri. Ada banyak perusahaan besar di dunia yang masih mengalihdayakan dukungan telepon dan web mereka ke perusahaan pihak ketiga. Yang tidak berafiliasi langsung dengan merek.

Ketika Anda menelepon, Anda akan diberikan beberapa pilihan terbatas dan orang di ujung telepon sama sekali tidak memiliki kewajiban untuk bekerja ekstra untuk perusahaan mereka karena mereka hanya pekerja outsourcing. Mereka memiliki pengetahuan yang terbatas tentang merek. Dan mereka akan selalu memberikan tanggapan umum untuk semua yang Anda tanyakan.

Ini mengerikan untuk loyalitas merek. Ada cara yang jauh lebih baik untuk menawarkan pengalaman dukungan pelanggan yang solid. Sebagai permulaan, Anda ingin menambahkan fitur seperti plugin obrolan langsung WordPress atau opsi obrolan video langsung ke situs web Anda yang menghubungkan pelanggan dengan karyawan pendukung yang ada di kantor atau tenaga kerja Anda.

Fokus pada membangun sistem pendukung yang kuat untuk pelanggan Anda alih-alih mengalihdayakannya ke pihak ketiga. Ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli untuk memberikan dukungan yang tepat kepada pelanggan Anda. Dan itu membantu untuk menghasilkan pengalaman pelanggan yang positif yang akan meninggalkan kesan yang baik pada audiens Anda.

Apa Arti Loyalitas Merek?

Foto, Adam Sulaiman.

Ubah dukungan pelanggan menjadi pemasaran

Ini tidak hanya memudahkan pelanggan Anda untuk mendapatkan dukungan, tetapi juga membantu menyebarkan merek Anda dari mulut ke mulut. Tidak banyak perusahaan di luar sana yang menawarkan dukungan pelanggan internal yang sah di mana Anda dapat berbicara dengan seseorang dengan perusahaan tersebut. Faktanya, ini telah menjadi nilai jual bagi banyak bisnis di seluruh dunia yang menolak untuk mengalihdayakan saluran bantuan mereka.

Ini bisa menjadi jauh lebih mudah jika Anda menggunakan media sosial juga. Banyak perusahaan menggunakan media sosial murni untuk beriklan dan melibatkan audiens mereka dalam diskusi jenaka. Ini menjadi cara de facto untuk mengoperasikan akun media sosial perusahaan sekarang karena membuat Anda tampil keren dan menyenangkan.

Namun, jika Anda serius untuk menarik audiens yang lebih luas dan memberikan pengalaman pelanggan yang positif, maka Anda juga harus menggunakan media sosial untuk menjawab pertanyaan dukungan dan memberikan bantuan langsung. Semua orang dapat melihat balasan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda secara aktif mendukung pelanggan Anda. Dan ini membantu menumbuhkan kehadiran online Anda dan menjadikan Anda sebagai bisnis yang peduli yang mengutamakan pelanggan.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Benar-Benar Membangun Loyalitas Merek?

Foto, Bank Tanah Liat.

Jangan pernah membuat janji yang tidak bisa kamu tepati

Tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan, ini bisa berarti beberapa hal yang berbeda. Ide umumnya adalah bahwa semua tindakan Anda harus didasarkan pada konsep tidak pernah mengecewakan pelanggan Anda. Misalnya, Anda tidak boleh membuat janji palsu. Apakah ada kemungkinan 1% bahwa Anda tidak akan dapat menindaklanjuti janji? Maka Anda tidak harus membuatnya.

Janji yang tidak terpenuhi akan berdampak negatif pada hubungan pelanggan. Dan pengalaman buruk itu bisa dibagikan kepada ribuan calon pelanggan lainnya. Ini menghasilkan persepsi yang buruk tentang merek Anda di komunitas tertentu.

Misalnya, jika Anda menjalankan toko e-niaga maka Anda selalu ingin memastikan bahwa produk Anda tersedia. Jika Anda tidak dapat melakukan ini karena satu dan lain alasan, maka yang terbaik adalah berterus terang dan menjelaskannya kepada pelanggan Anda daripada membiarkan mereka memesan produk dan berpotensi membuat mereka menunggu beberapa bulan saat Anda mencari produk.

Jika ada yang kehabisan stok maka Anda harus memberi tahu pelanggan dan memberi tahu mereka kapan Anda berencana untuk mengisi kembali. Jangan menjual janji kepada pelanggan Anda. Karena selalu ada kemungkinan Anda akan mengirimi mereka produk inferior yang akan membuat mereka kesal dan merusak loyalitas merek Anda.

Apa Arti Loyalitas Merek?

Foto, Patrick Tomasso.

Bersikaplah transparan, dan berikan lebih banyak

Dengan selalu memenuhi janji Anda dan menetapkan standar tinggi untuk merek Anda, Anda menciptakan peluang untuk melampaui dan melampaui apa yang Anda janjikan yang dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan Anda. Ini dapat memuaskan audiens Anda dan membuat mereka merasa seperti pelanggan yang dihargai yang diperlakukan dengan baik.

Apakah Anda memenuhi janji Anda? Kemudian sesekali melebihi mereka. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda. Tou akan lebih mudah mempertahankan perhatian mereka dan menghentikan mereka dari melihat merek lain yang dapat menawarkan produk yang sama.

Komponen lain dari ini melibatkan menjadi transparan. Banyak orang sering merasa kecewa karena perusahaan tidak transparan tentang situasi mereka. Misalnya, jika Anda melakukan kesalahan yang jujur, Anda harus selalu mengakuinya dan meminta maaf kepada audiens Anda.

Jika Anda mencoba mengarang alasan, mengalihkan kesalahan, atau tetap diam, maka itu akan berdampak negatif pada loyalitas merek yang telah Anda bangun dengan susah payah. Jika Anda berbohong tentang sesuatu dan Anda ketahuan, itu akan mengecewakan pelanggan Anda, merusak loyalitas merek Anda dan meyakinkan beberapa audiens Anda untuk mencari pesaing Anda.

Singkatnya, jangan pernah mengecewakan pelanggan Anda. Setiap keputusan yang Anda buat dan setiap peluang keterlibatan harus menjadi kesempatan bagi Anda untuk membuat pelanggan Anda senang.

Pengalaman pelanggan lebih penting daripada penjualan ekstra

Foto, Priscilla Du Preez.

Pengalaman pelanggan lebih penting daripada penjualan ekstra

Banyak perusahaan terlalu fokus pada statistik dan angka penjualan. Mereka ingin meningkatkan jumlah mereka sehingga mereka akan melakukan apa saja untuk meningkatkan penjualan mereka. Sayangnya, ini sering kali mengorbankan pengalaman pelanggan, yang mengakibatkan berkurangnya loyalitas merek.

Membangun loyalitas adalah tentang berfokus pada upaya perusahaan Anda untuk memberikan tingkat layanan yang luar biasa. Juga dalam menempa pengalaman pelanggan yang berkualitas.

Jika Anda berfokus pada ini sebagai konsep dasar tentang bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, maka Anda akan menemukan bahwa itu dapat secara drastis meningkatkan hubungan pelanggan karena Anda terus-menerus mengingatkan mereka bahwa mereka adalah prioritas. Ambil salon kecantikan. Salah satu elemen kunci mereka menuju manajemen inventaris yang sukses adalah penggunaan perangkat lunak salon yang efektif karena memungkinkan pelanggan mereka mendapatkan pengalaman yang dinamis.

Jangan hanya menghargai pelanggan baru

Contoh hebat lainnya dari hal ini adalah bagaimana bisnis selalu memiliki bonus dan diskon untuk pelanggan baru tetapi gagal menawarkan apa pun untuk pelanggan yang sudah ada. Ini bisa berupa bonus pendaftaran, bonus pembelian pertama atau bahkan diskon besar untuk anggota baru untuk waktu yang singkat.

Bonus ini sangat bagus untuk menemukan pelanggan baru. Namun, ini mengerikan bagi pelanggan yang sudah ada karena mereka tidak dihargai atas kesetiaan mereka. Sudahkah Anda mencapai titik di mana pelanggan baru mendapatkan penawaran yang lebih baik daripada pelanggan yang sudah ada? Kemudian Anda melakukan sesuatu yang salah. Anda perlu segera mengubah sesuatu untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi pelanggan lama.

Angka penjualan juga penting, tentu saja. Namun, Anda perlu mempertimbangkan manfaat jangka panjang dari menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Jika Anda harus mengorbankan beberapa penjualan maka jadilah itu. Tujuannya adalah untuk menciptakan basis pelanggan yang setia yang setia pada bisnis Anda. Ini adalah tipe orang yang akan dengan senang hati membicarakan perbuatan baik Anda, memuji layanan pelanggan Anda, dan membagikan merek Anda dengan teman dan anggota keluarga mereka.

Daripada mendorong orang melalui saluran penjualan Anda dan mengikuti penjualan apa pun yang Anda bisa, lebih baik fokus untuk membangun kelompok pelanggan setia yang benar-benar peduli dengan bisnis Anda.

Jadi, apa yang dimaksud dengan loyalitas merek?

Mudah-mudahan, ini telah menunjukkan kepada Anda apa sebenarnya arti loyalitas merek dan bagaimana Anda dapat membangunnya. Banyak orang salah mengira loyalitas merek sebagai pemasaran yang baik. Namun, kenyataannya adalah bahwa mereka adalah hal yang sama sekali berbeda.

Loyalitas merek sering kali membuat pelanggan menjadi pendukung produk Anda. Mereka akan memuji merek Anda, mereka akan selalu membeli produk Anda ketika diberi pilihan, dan mereka akan menyebarkan berita tentang produk dan layanan Anda karena mereka telah mengalaminya secara pribadi.

Membangun loyalitas pelanggan bisa jadi sulit, tetapi dengan saran yang kami tawarkan, kami berharap Anda dapat mulai membangun hubungan yang kuat dengan audiens Anda untuk mengembangkan merek Anda dan membawanya ke tingkat berikutnya.

Anda Sedang Mencari Informasi : Pintu Aluminium Kamar Mandi, Lebar Kusen Aluminium,  Harga Borongan Kusen Aluminium, Pintu 2 Aluminium, Pintu Harmonika Aluminium, Harga Borongan Jendela Aluminium, Harga Pintu Sliding Aluminium Per Meter, Kusen Aluminium Alexindo Putih

Kunjungi Juga Untuk Informasi : Harga Plafon Pvc Upton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *